Penerjemah: Jeffery Liu


Catatan Penerjemah: Novel ini membahas masalah kesehatan mental (seperti yang bisa ditebak pada sinopsis). Ini bisa dibilang merupakan topik utama dibandingkan percintaannya (walaupun tentu saja masih ada). Topik ini ditanggapi dengan serius, dan bukan hanya penyebutan secara sekilas.

Bagi mereka yang merasa terpicu terkait masalah paranoia, pikiran yang mengganggu, depresi dan skizofrenia, harap berhati-hati dan klik tombol kembali jika diperlukan. Ada lebih banyak peringatan pemicu untuk bab-bab kedepannya.


1.

Setelah aku selesai belajar hukum perdata secara otodidak, aku memutuskan akan lebih baik bagiku untuk pergi dan menemui dokter–terapis, lebih tepatnya.

Menurut forum daring, aku mendiagnosis diriku sendiri bahwa meskipun aku mungkin tidak menderita skizofrenia, aku setidaknya yakin bahwa aku mengidap paranoia1 yang cukup serius. Ini sangat jelas.

Rasa takutku telah berkembang dari ketakutan bahwa musuhku akan menyerangku menjadi takut bahwa musuh yang aku buat sepuluh tahun yang lalu akan menyerangku.

Salah satunya adalah musuh yang kakinya telah aku injak, dan yang lainnya adalah musuh yang pernah aku hina.

Aku berpendapat bahwa mereka pertama-tama akan pergi ke perusahaan komunikasi dan menyuap para pekerja, kemudian meretas sinyal ponselku dan menempatkan alat pelacak di dalamnya. Dengan begitu, mereka bisa datang dan menemukanku, kemudian memukuliku.

Benar-benar menakutkan.

Selain paranoid akan diserang dengan kejam, aku juga takut jika seluruh dunia ingin menipuku demi mendapatkan uangku. Mereka akan menggunakan satu juta trik yang berbeda untuk menjebakku, misalnya, mencuri tanda tangan yang aku lakukan secara sembarangan di tempat umum atau mencuri kartu identitasku dan menggunakannya untuk memalsukan cek senilai sepuluh ribu yuan2. Meskipun sepuluh ribu yuan tidak sebanyak itu, itu juga bukan jumlah yang kecil. Bagaimana jika mereka membuat sepuluh salinan? Lalu apa yang akan terjadi padaku? Bagaimana jika mereka membuat seratus salinan?

Contoh lain adalah jika mereka meretas komputerku, atau menempatkan kamera dan alat penyadap di dalam lampu dan AC-ku. Kemudian, mereka akan menjebakku untuk setiap hal sialan lainnya.

Aku sudah mempelajari hukum dan peraturan secara ekstensif untuk waktu yang lama. Lebih baik merasa aman daripada menyesal di kemudian hari, bagaimana jika mereka menyuap pengacara juga? Aku hanya bisa mengandalkan diriku sendiri.


2.

Tidak hanya itu, aku juga mengidap OCD3 yang cukup serius. Aku akan menutup ulang tutup gelas sepuluh kali karena aku terus berpikir bahwa jika posisi tutupnya salah, maka itu akan mempengaruhi nasibku kedepannya.

Kakak laki-lakiku memperhatikan saat aku melakukan ritual menutup tutup gelas sepuluh kali, lalu keluar setelah berkata, “Apa kamu gila?”

Dia benar. Aku punya masalah.

Aku harus pergi ke dokter.


3.

Selain itu, aku juga suka menunda-nunda sesuatu.

Jadi aku tidak bisa pergi ke dokter tepat waktu. Aku bahkan tidak berniat menjadwalkan janji temu dengan dokter.


4.

Berselancar di internet dan mencari sebuah kata kunci, aku melihat bahwa ada banyak orang yang mengatakan jika kamu hanya bisa disembuhkan melalui pengobatan.

Aku menduga bahwa mereka semua adalah akun bot yang dibeli untuk mengiklankan produk perusahaan obat.

Tapi aku sedikit tertarik.

Jika aku tidak sembuh bahkan setelah minum obat, maka setidaknya aku akan tahu bahwa tidak ada harapan lagi bagiku. Dan setidaknya saat ini aku belum menyerah pada diriku sendiri, jadi aku pikir masih ada harapan untukku.

Meskipun aku berpikir bahwa tidak ada harapan di hidup ini, aku masih berpikir bahwa aku masih memiliki harapan.

Semua kata dan ucapan hanya menjadi satu frase kunci, tidak peduli seberapa menyebalkannya itu, hidup adalah hal yang paling penting.

Aku tidak tahu bagaimana orang yang berhati-hati dan mencintai hidup sepertiku bisa mendapatkan penyakit mental semacam ini. Setelah berselancar di internet berulang kali, aku merasa semua pasien dengan penyakit ini dipenuhi dengan keputusasaan dan beberapa bahkan mencoba bunuh diri. Tapi, tidak peduli bagaimana aku memikirkannya, semua ketakutanku datang karena tidak bisa melanjutkan hidup. Jika aku memutuskan untuk pergi dan bunuh diri di atas segalanya, lalu apa gunanya lagi semua ini?

Dari perspektif ini, aku menduga jika aku tidak menderita skizofrenia.


5.

Aku tidak tahu dengan orang lain, tapi ketika aku masih muda, aku suka menganggap diriku memiliki depresi dan sesuatu semacam itu, aku merasa dengan begitu aku akan mendapat perlakuan istimewa dan bertemu dengan orang-orang yang menarik.

Tapi ternyata, bertahun-tahun kemudian, teman masa kecilku hanya akan menggunakan tatapan penuh kasih dan merendahkan ke arahku, dan pada saat itu yang ingin dia katakan adalah, anak ini bodoh.

Teman masa kecilku-lah yang idiot, oke?


6.

Lihat, baru saja dibicarakan.

Teman masa kecil yang kumaksud tadi meneleponku.

Dia bertanya aku sedang dimana, kujawab jika aku sedang di rumah. Dia bertanya padaku apa aku sedang bersama yang lain, aku berkata selain pemuda cantik ini4 tidak ada yang lain. Dia kemudian memintaku membuka pintu.

Aku kemudian beranjak untuk membuka pintu.

Segera setelah pintu terbuka, dia menyerahkan buket bunga ke dalam pelukanku, kemudian membawaku ke dalam pelukannya.

Aku buru-buru menghentikannya dan mendorongnya menjauh, lalu keluar dari pintu dan mengamati sekeliling dengan sangat hati-hati. Setelah yakin bahwa dia tidak menjatuhkan apa pun, dan bahwa angin jahat yang licik tidak memanfaatkan beberapa detik ketika aku membuka pintu untuk meniup dan menerbangkan kartu identitasku keluar dari brankas dan keluar dari pintu, situasi ini sangat sempurna bagi orang jahat untuk datang dan menggunakannya dalam beberapa rencana jahat.

Jangan tanya mengapa kartu identitas yang aku simpan di dalam brankas tiba-tiba menghilang.

Aku menduga jika seseorang bisa membongkar brankasku dalam waktu tiga detik.

Jadi aku menutup pintu sepuluh kali.

Baru setelah melakukannya, aku menghela napas lega.

Aku merasa bahwa tinggal di dalam rumah setiap hari adalah pilihan paling aman.


7.

Teman masa kecilku melihatku mengunci pintu sepuluh kali, menghela napas kemudian berkata, “Apa kamu masih belum selesai?”

Aku tidak mengatakan apapun tapi aku merasa sakit hati. Dan sengaja menunjukkannya supaya dia bisa tahu.

Dia memeluk dan menciumku, kemudian berkata, “Jangan takut, meskipun kamu bangkrut setidaknya kamu masih punya aku.”

Apa-apaan kata-katamu itu?! Bah!

Tapi aku merasa sangat tersentuh.


8.

Perasaanku yang merasa begitu tersentuh bertahan sampai kakak laki-lakiku pulang dan dengan sangat kejam berkata, “Kamu tidak punya teman masa kecil, atau bahkan pacar.”

Oh.

Aku tahu.

Aku hanya ingin membuat diriku sendiri merasa lebih baik.

Kakak laki-lakiku mengusap kepalaku, memelukku dan berkata, “Tapi kamu masih punya kakak.”


9.

Yang tadi itu juga bohong, ngomong-ngomong.

Aku memang punya kakak laki-laki, tapi hubunganku dengannya tidak terlalu dekat. Cerita singkatnya, ibuku menyebabkan ibunya mati karena marah, kemudian nyonya kedua menyebabkan ibuku mati karena marah, lalu dia menyebabkan nyonya kedua mati karena marah.

Kakak laki-lakiku saat ini berhasil mengakhiri akar dari semua kejahatan — warisan ayah kami, dengan mengambil alih perusahaan dan mengambil semuanya. Lalu dia mengusirku dari rumah.

Tapi aku jadi gila bukan karena ini. Sebenarnya, mungkin sulit dipercaya, tetapi aku dulunya adalah orang yang cukup ceria dan positif, pekerja keras dan mencoba mencari kekayaan melalui usahaku sendiri.

Dan kemudian pacarku mengambil tiga puluh ribu yuan5 yang ditawarkan oleh kakak laki-lakiku dan meninggalkan aku.

Tiga puluh ribu yuan.

Aku sendiri tidak tahu harus berkata apa.

Ini benar-benar sangat dangkal! Aku baru berusia 19 tahun, tapi aku sudah bisa menghasilkan delapan ribu delapan ratus yuan6 setahun! Kalau kamu memberiku tiga tahun lagi, aku bahkan bisa memperoleh tiga puluh ribu yuan!

Seolah ini tidak cukup, kenapa kakakku hanya memberi tiga puluh ribu?! Bukankah kamu bilang kalau kamu menghasilkan seratus ribu7 per jam?!

Seolah-olah ini tidak cukup, bajingan itu setidaknya harus memberiku sebagian uangnya! Bahkan jika dia tidak mencintaiku lagi, masih ada bisnis! Kalau kamu tidak punya aku, apa kamu bisa mendapatkan tiga puluh ribu yuan ini?! Kamu tidak bisa melupakan orang-orang yang membantumu begitu saja!


10.

Tentu saja, ini juga bukan alasan kenapa aku menjadi gila. Lagi pula, sampah itu hanya menipuku dalam hal emosi, dia tidak menipuku dalam hal uang atau mengejar tubuhku.

Setelah itu, karena serangkaian alasan, aku jatuh sakit.

Ini juga alasan kenapa aku belum pergi untuk mendapatkan bantuan medis.

Aku tidak yakin berapa biaya obat-obatan dan terapi jangka panjang yang mungkin akan aku lakukan.

Aku tidak punya uang, tetapi aku masih harus membayar uang sekolah adik-adikku. Mereka adalah sepasang naga phoenix kembar8. Mereka bersekolah di SD berasrama yang, walaupun tidak mahal, tentu juga tidak murah.

Aku hanya tidak mengerti mengapa kakak laki-lakiku lebih suka memberikan sampah itu tiga puluh ribu daripada memberikannya kepadaku. Air subur milik sendiri tidak boleh mengalir ke ladang orang lain9. Jika dia memberiku uang, maka hasilnya akan sama, aku akan segera meninggalkan sampah itu dan menjadi sampah itu sendiri.

Terserahlah, ibuku memang membuat ibunya mati karena marah.


11.

Aku bertanya-tanya apakah aku benar-benar gila, atau apakah aku benar-benar miskin.


12.

Saat butuh uang, yang harus dilakukan hanyalah bekerja keras dan mendapatkannya.


13.

Aku menemukan pekerjaan sementara. Setelah selesai bekerja, aku langsung pergi ke ruang KTV10 untuk bekerja sebagai petugas kebersihan.

Pada hari pertama kerja, aku melihat beberapa gangster sedang melecehkan seseorang, dan ternyata yang mereka lecehkan adalah orang cacat.

Orang cacat itu cukup tinggi, dan cukup tampan, dan cukup modis, tapi sayangnya dia gagap. Pria gagap itu sedang duduk sendirian di ruang KTV dan bernyanyi karaoke.

Sungguh kenikmatan hidup yang luar biasa11. Aku harus belajar darinya; kita semua harus selalu mencintai kehidupan seperti ini. Dia bisa dikatakan jauh lebih sehat daripada aku.

Karena itu adalah hari kerja, tidak banyak pelanggan hari ini. Seluruh bar KTV cukup sepi dibandingkan dengan biasanya, jadi ketika beberapa pelanggan mabuk melewati ruangan, mereka berhenti dan mendengarkan sebentar. Kemudian, mereka mulai tertawa seperti orang idiot, mendorong pintu ruangan hingga terbuka dan masuk ke kerumunan yang mengelilingi pria gagap itu.

“Ini. Ruang k-karaokeku. Keluar.”

“Nyanyikan lagu lain! Oh wow, pria gagap sedang bernyanyi! Bagaimana kau bisa bernyanyi?”

Mereka berpura-pura gagap saat bernyanyi, lalu tertawa terbahak-bahak.

Si gagap tidak mengatakan apa-apa, dan menatap ponselnya.

Para gangster beranjak dan merebut ponselnya, lalu berteriak, “Apa yang kau coba lakukan?”

Ini keterlaluan. Tapi aku pengecut, dan aku terlalu takut untuk menelepon polisi, jadi aku hanya bisa berlari keluar dan dengan paksa menghancurkan casing alarm kebakaran.

Syukurlah tidak ada terlalu banyak orang hari ini.

Semua orang berlari dan bertanya apa yang terjadi. Para gangster itu juga bergegas keluar, sangat panik dan bertanya apa yang terjadi. Apa ada kebakaran? Di mana pintu keluar daruratnya? Mereka bertanya sambil bersiap-siap untuk lari menyelamatkan diri.

Aku pikir aku mungkin tidak bisa terus bekerja disini.

Aku merasa sangat bersalah. Aku seharusnya tidak begitu gegabah. Juga, aku sangat takut pemilik KTV akan memukulku.

Sebenarnya aku sangat takut kalau dia akan memukulku.


14.

Manajer benar-benar ingin memukulku setelah dia mengetahui seluk beluk kasus ini.

Dan kemudian dia mendapat telepon misterius.

Sikapnya berubah dan menyeretku kembali ke ruangan sebelumnya. Si gagap masih ada di sana, dan sedang memilih lagu.

Si gagap melihat jika aku sudah datang, lalu bertanya, “S-siapa n… n-namamu?”

Aku berkata, “Zhang Qiang12.”

Si pria gagap itu tampak berhenti pada saat itu.

Manajer berkata, “Namanya Ren Yigu.”

Jangan mengeksposku! Aku sudah berpikir kalau pria gagap ini bukan orang normal! Bagaimana jika dia berpikir kalau aku terlalu usil dan memutuskan untuk membalasku?! Lalu apa?! Saat kita berada di JiangHu, yang terbaik adalah memiliki beberapa nama samaran untuk melindungi diri kita sendiri, oke?!

Bagian yang paling tidak manusiawi tentang bar KTV ini adalah bahwa bar ini tidak bisa begitu saja membayar staf secara tunai, dan mengharuskan kami mengisi formulir yang mencantumkan rekening bank kami dan informasi pribadi lainnya.

Si gagap menatapku sebentar, lalu bertanya, “K-kamu. Tahu. Bagaimana caranya b-bernyanyi?”

Aku juga tahu cara menggambar dan menyulam.

Tidak, aku tidak tahu cara menyulam, aku hanya tahu cara menambal pakaian adik laki-laki dan perempuanku.

Aku merasa seperti Cinderella. Semoga pangeranku bukan pria gagap ini, lagipula, perasaan tidak menyenangkan yang datang darinya terlalu kuat.


15.

Aku dengan sangat enggan menyanyikan sebuah lagu untuk pria gagap ini.

Setelah aku selesai, dia tidak bertepuk tangan, dan hanya berkata, “Aku. Xue Yaozu.”

Aku buru-buru berkata, “Halo Ketua Xue.”

Sebenarnya, aku tidak mengenalnya.

Aku hanya takut dia memukulku.

Meskipun aku tidak tahu mengapa dia harus memukulku, dunia ini memiliki banyak orang yang tidak tahu terima kasih. Ibu kakak laki-lakiku membuat ibuku menjadi pembantu rumah tangga karena kebaikan hatinya, lalu entah bagaimana aku dan adik-adikku lahir.

Xue Yaozu menatapku sebentar, lalu berkata, “Aku m-mantan. Teman sekelasmu.”

Aku langsung panik, ini persis seperti trik yang dilakukan para penipu. Aku tidak ingin menjalin hubungan dengan seseorang yang baru aku temui, siapa yang tahu bagaimana mereka bisa menyakitiku. Lagipula, orang memiliki begitu banyak trik di lengan baju mereka.

Xue Yaozu berkata, “K-kakakmu b-bilang kalau k-k-k-…kamu. p-pergi. Ke luar negeri.”

Kakak laki-lakiku sangat berhati-hati ketika harus memperhatikan penampilan dan menjaga wajah, jadi dia tentu saja tidak bisa mengatakan begitu saja kalau aku keluar dari rumah, dan dia juga tidak bisa mengatakan kalau dia sudah mengusirku. Sekarang bahkan jika kita bertatap muka, dia mungkin bisa dengan tenang berkata oh kamu sangat mirip dengan adik laki-lakiku tapi dia pergi ke luar negeri.

Xue Yaozu bertanya, “K-kenapa kamu ada di sini?”

Aku dengan hati-hati menjawab, “Aku sedang bekerja.”

Dia bertanya, “D-di mana kamu tinggal sekarang?”

Aku dengan hati-hati memutuskan untuk berpura-pura tuli.

Xue Yaozu berkata, “K-kamu tidak perlu g-gugup. Aku bukan. Orang jahat.”

Tidaktidaktidak bung jelas-jelas penampilanmu dari ujung kepala sampai ujung kaki mengeluarkan aura BUKAN ORANG BAIK! Dan antek yang tiba-tiba muncul di luar pintu juga memiliki aura kalau kamu bukan orang baik, oke?!

Xue Yaozu berkata, “Aku bisa. Membantu-m-mu.”

Siapa kamu?!

Dengan hati-hati aku menjawab, “Terima kasih, tapi tidak, terima kasih.”


16.

Xue Yaozu bersikeras secara pribadi mengantarku pulang ke rumah.

Dia bahkan sampai meminta seseorang untuk menelepon perusahaan dan mendapatkan alamatku.

Sangat menakutkan.

Tapi sepertinya aku tidak punya pilihan.

Dia berkata, “R-rumahmu. Tidak terlalu buruk.”

Apa dia di sini untuk mengintai tempat itu?

Aku dengan hati-hati berkata, “Tempat ini milik temanku, aku meminjamnya, aku tidak punya uang ataupun rumah.”

Xue Yaozu menatapku, lalu bertanya, “K-kamu tidak perlu. M-membayar sewa?”

“Dia orang baik, melihat aku sangat menyedihkan, dia tidak meminta uang sewa.”

Aku benar-benar sangat menyedihkan, jadi tolong, aku mohon padamu jangan sakiti aku. Aku mohon padamu.

Xue Yaozu menatapku lagi dan bertanya, “A-apa aku. Bisa m-membantu…mu?”

“Terima kasih, tapi tidak, terima kasih.”

Tidak ada sesuatu yang gratis, ini mungkin penipuan atau perampokan13.

Aku lebih khawatir dia akan merampokku.


06-09-2021


Bab Selanjutnya

KONTRIBUTOR

Jeffery Liu

eijun, cove, qiu, and sal protector

Footnotes

  1. Jenis gangguan delusi di mana orang percaya bahwa mereka sedang terancam, dianiaya, atau akan dirugikan di masa depan. Mereka yang memiliki paranoia percaya bahwa seseorang atau sesuatu “mengancam atau memiliki maksud jahat” (pada) individu tersebut.
  2. 10.000 yuan = Rp22.048.937.
  3. Gangguan obsesif-kompulsif: gangguan mental di mana seseorang memiliki pikiran tertentu yang berulang-ulang (disebut “obsesi”) atau merasa perlu untuk melakukan rutinitas tertentu berulang kali (disebut “kompulsi”) sampai ke tingkat menimbulkan rasa stres atau mengganggu kehidupan.
  4. Ungkapan umum, meskipun biasanya digunakan untuk anak perempuan. Sesuatu seperti bishoujo, meskipun sering kali digunakan secara ironis atau dengan cara yang lucu untuk merujuk pada diri sendiri.
  5. 30.000 yuan = Rp66.042.683.
  6. 8800 yuan = Rp19.371.347.
  7. 100.000 yuan = Rp 220.122.743.
  8. Laki-laki dan perempuan.
  9. Hal-hal baik harus disimpan dalam keluarga sendiri atau di antara teman-teman, dll dan bukan untuk orang luar.
  10. Bar karaoke.
  11. Joie de vivre/ kenikmatan hidup yang luar biasa.
  12. Qiang disini berarti kuat, dan cukup aneh jika digunakan sebagai nama, meskipun sepertinya tidak pernah ada orang dengan nama ini. Nama ini sama seperti nama Dave McStrongman.
  13. Sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa orang yang tidak bertanggung jawab menyembunyikan niat jahat.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments